Home » Events » SINEAS DAN AKTOR INDONESIA MERIAHKAN GELARAN KARPET MERAH TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-29

SINEAS DAN AKTOR INDONESIA MERIAHKAN GELARAN KARPET MERAH TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-29

 

Dihadiri ribuan fans media-media lokal hingga internasional di tengah hujan gerimis yang tak memupus antusiasme audiens yang memenuhi venue Roppongi Hills Arena, Tokyo International Film Festival (TIFF/TIFFJP) ke-29 dibuka dengan gelaran karpet merah setelah sehari sebelumnya menghadirkan aktris pemenang tiga piala Oscar Meryl Streep dalam konferensi pers film pembuka TIFF tahun ini, ‘Florence Foster Jenkins’.

Namun ada yang sangat spesial di gelaran karpet merah TIFF untuk tahun ini. Dengan total 11 film Indonesia dalam segmen spesial ‘Crosscut Asia’ yang menjadi kontribusi the Japan Foundation Asia Center plus ‘Salawaku’ karya Pritagita Arianegara yang terpilih sebagai peserta kompetisi Asian Future, ada sejumlah sineas dan aktor kita yang hadir di dalam event itu.

tiff-mouly-surya

Dibuka oleh penampilan muse TIFF tahun ini, Haru Kuroki, pemenang Silver Bear Berlinale dari film karya Yoji Yamada, ‘Little House’ (2014), event red carpet TIFF juga dihadiri oleh sejumlah sineas dari berbagai negara. Dari sineas Jepang Shunji Iwai dan Mamoru Hosoda yang menjadi fokus di beberapa segmen tahun ini, personil Super Junior dari Korea, Ye Sung yang mempresentasikan film co-production Jepang-Korea ‘My Korean Teacher’, aktris Perancis pemeran ‘La Femme Nikita’ Anne Parilaud, aktor Hong Kong Francis Ng & Louis Koo dari film kompetisi utama ‘Shed Skin Papa’, sutradara Dante Lam dari ‘Operation Mekong’, aktris Malaysia Sharifah Amani, aktor Filipina Lou Veloso dari omnibus co-production TIFF bersama Japan Foundation Asia Center ‘The Asian Three-Fold Mirror Project: Reflections’ hingga Meryl Streep sebagai penutupnya.

tiff-nicholas-saputra

Di deretan sineas dan aktor Indonesia, di antaranya sutradara Mouly Surya (‘Fiksi’), Nia Dinata (‘Ini Kisah Tiga Dara’), Riri Riza (‘Athirah’), Pritagita Arianegara (‘Salawaku’), serta aktor Nicholas Saputra (‘Someone’s Wife in the Boat of Someone’s Husband’), Shanty Paredes – Tatyana Akman – Tara Basro (‘Ini Kisah Tiga Dara’), Cut Mini dan Jajang C. Noer (‘Athirah’) dan Karina Salim (‘Salawaku’).

tiff-salawaku

Gelaran karpet merah itu berlanjut dengan seremoni pembuka yang digelar di EX Theatre Roppongi bersama pemutaran ‘Florence Foster Jenkins’ sebagai film pembuka. Ikut menghadirkan PM Jepang Shinzo Abe, dalam seremoni pembuka tersebut, general director TIFF Yasushi Shiina juga memperkenalkan juri kompetisi utama sutradara Perancis Jean-Jacques Beineix (‘Diva’, ‘Betty Blue’), sutradara Jepang Hideyuki Hirayama, sutradara Hong Kong Mabel Cheung (‘Painted Faces’, ‘The Moon Warriors’), produser AS Nicole Rocklin (film terbaik pemenang Oscar 2016 ‘Spotlight’) dan aktor Italia Valerio Mastandrea, serta tiga sutradara omnibus ‘The Asian Three-Fold Mirror Project: Reflections’ yang diproduksi bersama oleh TIFF dan the Japan Foundation Asia Center; Brillante Ma Mendoza (Filipina), Isao Yukisada (Jepang) dan Sotho Kulikar (Kamboja).

tiff-three-sassy-sisters

Bersama Shinzo Abe dan Streep sebagai pengantar puncak seremoni pembukanya, aktor pendamping Streep dalam ‘Florence Foster Jenkins’, Hugh Grant, yang urung hadir karena jadwal syuting juga mengirimkan video singkat permintaan maafnya untuk menyapa seluruh penggemarnya di Jepang.

tiff-athirah

TIFF ke-29 akan digelar selama 10 hari dengan penayangan lebih dari 200 judul film dari berbagai negara bersama event-event spesial di bilangan Roppongi Hills dan beberapa lokasi lain, juga pasar film pendampingnya, TIFFCOM yang kali ini diselenggarakan di dua venue; Shinjuku dan lokasi tetapnya di Odaiba.

 

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)