Home » Dan at The Movies » ALLIED (2016)

ALLIED (2016)

ALLIED: ZEMECKIS’ OLD FASHIONED WAR ROMANCE WITH A GLIMPSE OF CASABLANCA

Sutradara: Robert Zemeckis

Produksi: GKFilms, ImageMovers, Paramount Pictures, 2016

allied

Di tengah berkembangnya kembali trend PD II tahun ini, dari ‘Hacksaw Ridge’, ‘Anthropoid’ ke ‘Dunkirk’-nya Christopher Nolan nanti, Robert Zemeckis juga tak mau ketinggalan. Mengeksplor genre kuno romantic war thriller dengan latar sama yang banyak di deretan film klasik, lewat skrip yang ditulis Steven Knight (‘Dirty Pretty Things’, ‘Hummingbird’, ‘Locke’), Zemeckis mengarahkan ‘Allied’ bukan saja menjadi showcase Brad Pitt dan Marion Cotillard yang memicu kontroversi di balik isu perceraian Pitt dan Angelina Jolie, tapi di atas itu, sebuah homage penuh respek ke film klasik ‘Casablanca’ yang juga berlatar sama. Kisah cinta antara mata-mata di tengah PD II yang berkecamuk.

Bertemu di Casablanca, Maroko, 1942, dalam sebuah misi rahasia, agen intelijen AL Kanada Max Vatan (Brad Pitt) diserahi penyamaran sebagai suami pimpinan pemberontak Perancis Marianne Beausejour (Marion Cotillard). Berujung jatuh cinta, Max akhirnya mengajak Marianne menjadi istrinya dan hijrah ke London hingga memiliki seorang putri. Namun kehidupan baru mereka tak bisa berlangsung lama kala Max kembali diserahi sebuah misi baru atas sebuah penemuan intelijen yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Walau dimulai dengan scene penuh aksi sebagaimana yang kita saksikan begitu menarik lewat trailer-nya, ‘Allied’ bukanlah sebuah spy action alaMr. & Mrs. Smith’ di atas latar PD II. Bukan sama sekali berarti melepaskan feel suspense-nya, bukan pula terlau menyelami sebuah character study secara benar-benar detil, ia memang lebih bergerak lumayan mendayu-dayu, emosional bahkan punya potensi tearjerker sebagai sebuah old-fashioned romance yang jelas-jelas memberi tribute hints ke ‘Casablanca’ dari lokasi, penggalan storyline hingga ke tampilan French national anthemLa Marseillaise’ yang muncul dalam salah satu key scene-nya.

Ini, di satu sisi memang bisa jadi distraksi seolah-olah tampilannya menipu apa yang menjadi ekspektasi penontonnya. Apalagi, nama Brad Pitt dan isu affair-nya dengan Cotillard punya tone penceritaan yang sejalan dengan ‘Mr. & Mrs. Smith’ di era berbeda walau sama sekali tak punya pendekatan komedik.

Kekuatan utamanya memang ada di chemistry Pitt dan Cotillard yang diekspos Robert Zemeckis luarbiasa mendalam, sementara karakter-karakter pendukungnya yang diperankan antara lain oleh Jared Harris, Simon McBurney, Matthew Goode dan Lizzy Caplan, meski muncul dengan cukup bagus namun tak pernah diberikan ruang lebih dalam skrip Steven Knight. Pendamping terkuat chemistry itu justru datang dari sinematografi plus scoring-nya, yang lagi mengkolaborasikan Zemeckis bersama DoP veteran Don Burgess dan komposer kenamaan Alan Silvestri, mewarnai ‘Allied’ ke sebuah look bernuansa klasik yang sangat kuat sekaligus cantik.

Sayang memang, babak ketiganya merupakan batu sandungan yang berpotensi mengecewakan sebagian pemirsa yang mungkin mengharapkan ‘Allied’ menjadi tontonan lebih, paling tidak se-seru posternya. Lagi-lagi, ini adalah sebuah pilihan pembesutnya, apalagi sepenggal awal babak akhir itu sudah membuka jalan ke sana sebelum akhirnya memilih jalur yang sama sekali berbeda.

Namun yang jelas, bagi Zemeckis yang sebelumnya sangat dikenal lewat breakthrough efforts dalam teknologi dan pendekatan sinematis di sinema Hollywood, dari ‘Back to the Future’, ‘Who Framed Roger Rabbitt?’, bahkan di film-film seperti ‘Forrest Gump’, ‘Castaway‘ ke ‘The Polar Express’, ‘Allied’ memantapkan perpindahan Zemeckis ke babakan baru karirnya lewat film-film yang lebih mengutamakan studi karakter bersama ‘Flight’ dan ‘The Walk’.

So, buang jauh ekspektasi ke romance thriller yang penuh dengan action seperti yang tergambar lewat posternya. Lebih ‘Casablanca’ ketimbang ‘Mr. & Mrs. Smith’, ini tetaplah sebuah romansa berlatarbelakang perang yang membawa kita kembali ke film-film klasik Hollywood, dan dalam konteks itu, ‘Allied’ jelas sangat berhasil. (dan)

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter