Home » Dan at The Movies » KUNG FU YOGA (2017)

KUNG FU YOGA (2017)

KUNG FU YOGA (功夫瑜伽): THE MYTH ON HIGH DRUNK LEVEL; A QUICK CHINESE NEW YEAR CASH GRAB

Sutradara: Stanley Tong

Produksi: Taihe Entertainment, Shinework Pictures, 2017

kungfu yoga c

Siapa yang menyangka di usianya yang sekarang seorang Jackie Chan justru jadi semakin produktif? Baru saja menyambut liburan akhir tahun dengan ‘Railroad Tigers’, ‘Kung Fu Yoga’ muncul sebagai sajian Imlek/Chinese New Year tahun ini. Sesuai tone selebrasinya, dari awal mungkin ia memang ditujukan untuk itu. Bekerjasama dengan PH India Viacom sebelum akhirnya mereka memutuskan mundur di tengah-tengah prosesnya, termasuk pergantian beberapa pemain – Katrina Kaif di antaranya, satu hal yang paling menarik selain kolaborasi itu tentulah reuni Jackie dan Stanley Tong, sutradara di balik sejumlah film-film Jackie Chan yang sangat diingat seperti ‘Rumble in the Bronx’ dan ‘Supercop/Police Story 3’.  Selain itu ada ‘First Strike’ dan ‘The Myth’ – yang memuat kolaborasinya bersama aktris Korea Kim Hee-sun dan India; once a Bolly sex-bomb Malika Sherawat.

Jadi jangan salahkan kalau skrip Stanley Tong juga terasa sekali sebagai sebuah lazy writing yang nyaris memindahkan ‘The Myth’ ke template yang lebih fun. Menyemat elemen-elemen yang sama dari latar Terracotta Warriors hingga kolaborasi aktor India – kini lebih dari satu di deretan pendukung utamanya – bahkan penggunaan ulang theme song yang belakangan seakan jadi trademark Jackie setelah ‘Skiptrace’ namun sekali ini tanpa reincarnate love story, judul ‘Yoga’ pun tak lebih dari sekedar lip service untuk penekanan kolaborasi budayanya. Di balik semua itu, tetap ada sempalan dialog yang berisi agenda/strategi politik China dengan ‘One Road, One Belt Policy’-nya bersama eksistensi Jackie yang belakangan berperan sebagai duta kebudayaan negaranya.

Sama seperti ‘The Myth’, Jackie pun memerankan dua karakter beda zaman walau di sini hanya buat kepentingan prolognya, soal tokoh sejarah asli Wang Xuance dari Dinasti Tang yang ikut serta mempertahankan Kerajaan India Magadha dari serbuan Jendral Arunasva di tahun 647 SM dan kemudian hilang di tengah badai besar – bersama harta karun yang dibawa Jendral Bhima menjalankan titah Putri Gitajani dari Magadha untuk mengawal Xuance meminta bala bantuan ke kerajaannya.

Memerankan karakter bernama dan berprofesi sama dengan karakternya di ‘The Myth’, Jack – profesor arkeologi ala Indiana Jones yang tengah menyelidiki jejak Terracotta Warriors di sebuah museum di China disambangi oleh profesor cantik dari India, Ashmita (Disha Patani) dan asistennya Kyra (Amyra Dastur) untuk menemukan harta karun Jendral Bhima tersebut. Bertolak ke Tibet bersama timnya; Noumin (Mu Qimiya), Xiaoguang (Lay Zhang/Zhang Yixing) dan pemburu harta karun Jones Lee (Aarif Rahman) untuk menjalankan misi ini, mereka diserang oleh Randall (Sonu Sood); pewaris Arunasva dan pasukannya yang juga menginginkan artefak permata 212 karat yang kemudian justru dilarikan oleh Jones untuk dilelang. Dari Dubai ke Jodhpur, Rajasthan, di sebuah kuil tersembunyi di balik air terjun, kejar-kejaran segi banyak di antara mereka pun terjadi untuk memperebutkan artefak yang ternyata menyimpan rahasia terhadap kearifan budaya Hindu ini.

Sama seperti pola yang ada di ‘Railroad Tigers’, meski hasil keseluruhannya berbeda cukup jauh, Jackie Chan memang tak lagi beraksi seorang diri seperti biasanya. Berkolaborasi dengan bintang-bintang muda untuk bergantian mengisi pameran action-nya – yang paling menonjol adalah Aarif Rahman – aktor Hong Kong berdarah Malaysia dan Sonu Sood, India’s closest thing physically to Amitabh Bachchan, selagi menjual pesona Indian beauty dari Disha Patani dan Amyra Dastur berikut personil boygroup Korea-China Exo/Exo-M Lay Zhang dan Mu Qimiya dari ‘The Monkey King 2’, ‘Kung Fu Yoga’ memang tak pernah sekalipun mementingkan guliran penceritaannya.

Terlihat sibuk menggarap aksi demi aksi baku hantam akrobatik humoris ala Jackie Chan biasanya – yang katanya menyemat unsur yoga tapi tak sepenuhnya terlihat, ditambah highlight terbaiknya, car chase seru di tengah hiruk-pikuk Dubai yang digagas car-stunt expert Bruce Law dan stunt team-nya (juga mengerjakan sekuens car chase di ‘The Raid 2’), Tong memang terasa tengah asyik sekali bersenang-senang dengan proyek yang satu ini. Selagi sisi ridiculous fun car chase sequence-nya bermain di pola old fashioned film-film Hong Kong, sematan efek visual yang memuat seekor singa CGI ke tengah-tengah arenanya menjadi penyeimbang yang menyenangkan. Dari penggunaan full CGI di prolog ke sempalan-sempalan tambahan hewan-hewan buas di tengah baku hantam akrobatik itu, efek visualnya mungkin belum sepenuhnya konsisten, tapi tetap merupakan highlight scenes yang seru buat tendensi selebrasinya secara keseluruhan.

Set-nya pun dari awal terasa sangat memanjakan mata. Perpindahan lokasinya tak sekedar lewat tapi menitikberatkan landmark tiap negara yang mereka singgahi hingga visual panoramik situs bersejarah di Rajasthan – dari Mehrangarh Fort ke Mangore Gardens lewat sinematografi ciamik dari Wong Wing-hung. Masih ada beberapa cameo menarik seperti Eric Tsang dan host-aktor-sutradara China Zhang Guoli untuk mewarnai ensemble cast-nya, membuat tampilan Jackie Chan yang sudah terlihat cukup tua dan kerap kehilangan full power-nya di sejumlah sekuens aksi hasil koreografi keroyokan dari Tong, Wu Gang dan ia sendiri tetap bisa terasa cukup menyegarkan.

Jadi jangan pula protes kala dance sequence ala Bollywood dengan koreografi garapan Farah Khan dengan versi Bolly remix theme songThe Myth’; ‘Wujin De Ai (無盡的愛Endless Love)’ dari kolaborasi Nathan Wang dan Komail-Shivaan seketika menyeruak bak panggung musikal yang makin membuyarkan semua koherensi dan kontinuitas penceritaannya. Semua yang ada di ‘Kung Fu Yoga’, dari Stanley Tong, Jackie Chan dan semua deretan pendukungnya memang terlihat lagi ingin sekedar bersenang-senang. TakingThe Mythto a high drunk level, ‘Kung Fu Yogais a quick Chinese New Year cash grab. Anggap saja ini sebagai sebuah selebrasi menyambut tahun barunya, dan silahkan ikut bersenang-senang bersama mereka. Gong xi! (dan)

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)