Home » Events » HOOQ TIME, ANYTIME: ARUNGI KONTEN HIBURAN DUNIA TANPA BATAS KAPAN DAN DI MANA SAJA

HOOQ TIME, ANYTIME: ARUNGI KONTEN HIBURAN DUNIA TANPA BATAS KAPAN DAN DI MANA SAJA

Screenshot_2017-02-14-03-09-22-1

Bioskop dan tampilan home video secara fisik ternyata tak lagi jadi jalan satu-satunya untuk menikmati konten hiburan. Mulai tergeser dengan layanan streaming VOD (Video-On-Demand), kemunculan berbagai penyedia layanannya kini semakin ramai merambah tanah air. HOOQ, salah satu layanan VOD yang lebih dulu hadir di Filipina, Thailand dan India kini resmi beroperasi di Indonesia sejak April tahun lalu.

Tak hanya menggandeng operator-operator selular utama yang ada di Indonesia: Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren Telecom dan 3 untuk memudahkan cara berlangganan, untuk layanan streaming-nya, menambah konten internasional yang sudah diramaikan oleh studio-studio besar dari Warner Bros dan Sony sebagai joint venture pendirinya bersama SingTel, lantas ada Disney, DreamWorks ke Lionsgate dan Miramax, HOOQ juga sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah studio-studio lokal kita.

Menjadi gerbang ke dunia konten hiburan tanpa batas, katalognya memiliki lebih dari 10.000 film berikut serial TV. Dari Hollywood ke Bollywood, anime Jepang bahkan film-film Thailand dan tentunya Indonesia, yang bisa ditonton kapan dan di mana saja lewat perangkat seluler (smartphone), tablet, set-top box, PC hingga Smart TV melalui Chromecast.

Kelebihan HOOQ ada pada biaya berlangganan yang relatif lebih murah dari sejumlah layanan streaming VOD lainnya. Dengan masa free trial selama 7 hari, biaya berlangganan HOOQ sebulan ada di angka Rp. 49.500,- saja. Kerjasama HOOQ dengan operator selular membuat proses penggunanya melakukan pembayaran menjadi sangat simpel dengan paket-paket bundling yang ada lewat pemotongan pulsa pada pengguna prabayar dan biaya berlangganan yang masuk ke dalam tagihan pengguna layanan pascabayar.

Dengan berlangganan, penggunanya juga bisa mengakses HOOQ dari lima perangkat meski streaming bersamaan hanya bisa dilakukan dari dua perangkat saja. Dan tak usah khawatir soal waktu karena layanannya juga memungkinkan kita untuk menonton secara offline dengan mengunduh video dalam jumlah terbatas. Selain itu, HOOQ juga bebas iklan dan gangguan dengan kualitas streaming video yang adaptif; bisa high, medium dan low, bergantung pada jaringan internet tempat penggunanya mengakses layanan. Pencariannya via browsing sangat mudah dengan adanya window feature untuk multitasking, serta ada pula fitur untuk mengelompokkan film-film favorit kita untuk ditonton kemudian tanpa melakukan browsing ulang.

Screenshot_2017-02-14-05-07-07-1Screenshot_2017-02-14-05-07-02-1Screenshot_2017-02-14-05-07-15-1Screenshot_2017-02-14-05-07-21-1

Proses pendaftaran untuk mengakses layanan HOOQ cukup mudah. Saat pertama kali menggunakannya, kita bisa melakukan signup dengan alamat email atau nomor selular, yang selanjutnya akan diverifikasi melalui kode yang dikirimkan ke ponsel. Setelah itu kita langsung bisa mengakses layanannya, memilih film yang kita inginkan berdasarkan kategori-kategori unik yang dirancang secara berkala dengan pengelompokan yang unik. Selain berdasar genre, studio, trending, film atau TV show, HOOQ juga kerap mengelompokkan kategori berdasar aktor dari konten-konten eksklusifnya untuk memudahkan pencarian.

Screenshot_2017-02-14-05-05-44-1Screenshot_2017-02-14-05-05-59-1Screenshot_2017-02-14-03-08-00-1

Di bulan Februari ini, misalnya, ada kategori ‘Be My Valentine’ untuk konten-konten romance lokal unggulan seperti ‘Ada Apa Dengan Cinta? 2’, ‘Lost in Love’, ‘Winter in Tokyo’, ‘Brownies’ ke internasional seperti ‘The Time Traveller’s Wife’, ‘The Proposal’ dan banyak lagi. Selain itu ada juga kategori ‘Indonesia Merdeka‘ yang berisi film-film perjuangan pilihan dari biopik seperti ‘Soekarno’, ‘Gie’, ‘Sang Pencerah’ hingga fiksi seperti ‘Trilogi Merah Putih’, dan yang masih tersedia di interface utamanya, ‘Best of Warkop’ yang berisi film-film Warkop lintas era dari debut layar lebar mereka di ‘Mana Tahaaaan’ hingga instalmen-instalmen Parkit Film (‘Maju Kena Mundur Kena’, ‘Itu Bisa Diatur’, ‘Gantian Dong’) dan Garuda Film (‘Sama Juga Bohong’), juga ‘Tempo Doeloe‘ (berisi film-film lawas klasik seperti ‘Kejarlah Daku, Kau Kutangkap‘ dan ‘Pacar Ketinggalan Kereta‘) atau ‘Best of Suzanna‘, ratu horor perfilman Indonesia.

Screenshot_2017-02-14-05-06-53-1 Screenshot_2017-02-14-05-29-01-1 Screenshot_2017-02-14-05-29-21-1 Screenshot_2017-02-14-05-29-29-1

Keberadaan HOOQ secara resmi di Indonesia juga membawa konten-konten film klasik dalam versi remastered/restorasi, memungkinkan pencinta film Indonesia mengakses film-film jadul yang selama ini mungkin cukup sulit didapat dari platform lain dalam resolusi bagus, tampilan gambar yang jernih dengan kualitas streaming yang lancar. Dari film-film komedi Ateng-Iskak, ‘Catatan Si Boy’ dan film-film silat klasik seperti ‘Si Buta Lawan Jaka Sembung’, kini bisa dinikmati dengan mudah. Beberapa arthouse Indonesia yang juga ada dalam status rare sebagai produk terbatas buat tontonan festival seperti ‘Puisi Tak Terkuburkan’-nya Garin Nugroho juga ada dalam katalog HOOQ.

image 2image 3image
Tiga film Indonesia lawas: ‘Si Buta Lawan Jaka Sembung’, ‘Ateng the Godfather’ dan ‘Catatan Si Boy 3’ yang ditonton dengan kualitas streaming lancar dan tampilan gambar jernih.

Lagi, dengan semakin minimnya film-film Indonesia sekarang yang dirilis dalam bentuk cakram DVD atau VCD, pilihan-pilihan layanan streaming VOD yang ada dalam menggandeng rumah produksi dengan film-film pilihan seharusnya menjadi dayatarik tersendiri. Dalam hal ini, HOOQ cukup jeli memilih beberapa judul film Indonesia unggulan terutama yang berkualitas sangat bagus namun tak mendapat sambutan yang diharapkan saat diputar di bioskop, kerap bergelut dengan terbatasnya waktu tayang, untuk bisa menjangkau lebih banyak lagi pemirsanya seperti ‘Filosofi Kopi’ atau ‘Surat dari Praha’ karya Angga Dwimas Sasongko. Dengan pilihan terhadap konten-konten yang baik, ini juga sekaligus memberikan edukasi bagi para penonton film kita untuk menyadari kepentingan hak cipta buat tak lantas menikmatinya dari produk-produk ilegal; belajar untuk mengakses tontonan legal dengan biaya yang sangat terjangkau.

Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, dari kemudahan ke pemilihan konten dan kelengkapan katalog, HOOQ sudah membawa kita mengarungi konten hiburan lokal hingga dunia tanpa batas untuk dinikmati kapan dan di mana saja. #HOOQTimeAnytime . (dan)