Home » Dan at The Movies » UNLOCKED (2017)

UNLOCKED (2017)

UNLOCKED: AN INTRIGUING SPY THRILLER THAT DESERVES MORE

Sutradara: Michael Apted

Produksi: Di Bonaventura Pictures, SRA Productions, Silver Reel, Bloom, Lipsync Productions, Lionsgate, 2017

Image: impawards.com

Image: impawards.com

Di masa-masa blockbuster dari major studios Hollywood saling berperang menyuguhkan teknologi sekarang ini, ada banyak juga film di lapisan bawah kelasnya yang didistribusikan tak sebesar mereka. Tak tepat juga mungkin dibilang indie, film-film non major studios yang salah satunya mencatat nama Lionsgate selain Summit atau Millennium bukan sama sekali tak berkualitas. Memang, sebagian langsung meluncur ke home video, sementara sebagian lagi tertunda rilisnya di Amerika Utara dan mengutamakan rilis Eropa atau Asia buat menggamit pasarnya. Padahal, secara star factor dan nama-nama yang ada dalam produksinya juga bukan sekedar main-main.

Unlocked’ adalah salah satu yang berada di kotak itu. Datang dari produser Lorenzo di Bonaventura yang juga banyak bermain di major studios dan franchise-franchise blockbuster (‘Transformers’, ‘G.I. Joe’ – di antaranya) serta ‘Red’ yang tergolong non major film dari Summit Entertainment, nama sutradaranya pun tak sembarangan. Michael Apted, sutradara kawakan dari film-film high profile ’80-‘90an macam ‘Coal Miner’s Daughter’, ‘Gorky Park’ hingga instalmen James BondThe World is Not Enough’ yang walau tak lagi sangat produktif terakhir masih kita lihat dalam ‘The Chronicles of Narnia: The Voyage of the Dawn Treader’ (2010) dan ‘Chasing Mavericks’ (2012).

Selain itu, susunan cast-nya pun diisi oleh nama-nama terkenal. Ada Noomi Rapace yang memang belakangan karirnya agak menurun, Orlando Bloom, Toni Collette hingga dua aktor senior John Malkovich dan Michael Douglas. Sayang memang produksi AS dan Inggris ini terkesan didistribusikan seadanya dengan jadwal rilis terbatas di Asia dan Inggris; padahal sebagai sebuah spy thriller ala Bourne dengan names factor itu, ia bahkan potensial buat jadi set-up ke franchise-nya sendiri.

Ber-setting di London soal serangkaian ancaman bioterorisme dari jaringan radikal agama, Alice Racine (Noomi Rapace), agen yang memilih untuk beristirahat dari tugasnya karena sebuah trauma di peristiwa bom Paris yang gagal dicegahnya, kembali direkrut secara paksa untuk menginterogasi seorang suspek atas arahan petinggi CIA (John Malkovich). Seketika Alice menemukan dirinya berada dalam bahaya atas intrik yang terjadi. Dibantu oleh mantan mentornya, Eric (Michael Douglas) dan kepala MI-5 Emily (Toni Collette), Alice kemudian mendapat bantuan misterius dari Jack (Orlando Bloom); pencuri yang menyelamatkannya secara tak sengaja. Tanpa bisa mengetahui siapa kawan dan siapa lawan, Alice harus berusaha mati-matian menyelamatkan dirinya di tengah serangan senjata kimia yang sewaktu-waktu bisa menghancurkan dunia.

Skrip yang ditulis Peter O’Brien, scriptwriter layar lebar debutan dari sebuah film pendek dan video game, meski tak benar-benar baru, sama sekali tak jelek. Menyemat topik aktual intrik bioterorisme jaringan radikal dengan pengenalan ke sosok sentral agen rahasia wanita yang juga diperankan dengan sangat meyakinkan di balik tipikalisme role play Rapace, ‘Unlocked’ dibangun dengan cukup rapi dalam setiap twist and turns-nya.

Selagi Toni Collette dan John Malkovich mengisi porsi kecil mereka dengan sparks menarik, Michael Douglas juga menokohkan turnover karakternya dengan baik bersama Orlando Bloom yang tampil sangat berbeda. Sempalan raw action alaBournefranchise-nya pun bersinergi dengan seru seolah mengulang kombinasi elemen-elemen dalam ‘Red’ dan ‘Salt’, dua filmografi di Bonaventura sebagai produser yang dicantumkan di posternya. Sederet peran pendukungnya, dari aktor TV Inggris Adelayo Adedayo termasuk satu aktor muda asal Inggris yang mungkin banyak disalahartikan karena kebetulan bernama sama dengan aktor Bollywood Akshay Kumar pun cukup bagus.

Sementara di kursi penyutradaraannya, Michael Apted yang memang cukup banyak membesut film-film bergenre thriller termasuk spy dalam ‘The World is Not Enough’ pun terasa sebagai pilihan tepat membesut ‘Unlocked’. Like a return to form, Apted membawa pemirsanya ke sebuah setup petualangan lady-spy yang seru, penuh intrik dan lumayan unpredictable, punya karakter-karakter kuat dari female lead ke side characters-nya dan memang seakan sengaja disiapkan sebagai pembuka franchise di pengujungnya.

Sayangnya, saat sama sekali tak ada yang salah dengan ‘Unlocked’, yang punya performa bagus dalam kelasnya sebagai film dari non major studios, treatment distribusi dan promo-nya memang terkesan terlalu seadanya. Dari poster yang semacam tak niat dibuat lebih baik ke gaung yang nyaris hampir tak terdengar, ini agaknya sulit menjadi – paling tidak, action franchise seperti ‘Red’ di kelas yang sebenarnya tak berbeda, bahkan berlanjut ke sekuel seperti hint yang ada di ending-nya. An intriguing spy thriller that deserves more. Sayang sekali. (dan)

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)