Home » Events » TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-30 AKAN MERAYAKAN 50 TAHUN ASEAN LEWAT SEGMEN CROSSCUT ASIA KE-4

TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-30 AKAN MERAYAKAN 50 TAHUN ASEAN LEWAT SEGMEN CROSSCUT ASIA KE-4

© 2017 tiff-jp

Menyambut perayaan ulang tahun ke-30 festivalnya, Tokyo International Film Festival (TIFF) tahun ini tetap mempertahankan segmen ‘Crosscut Asia’ sebagai salah satu segmen highlight festivalnya. Namun yang lebih spesial dibanding edisi tahun-tahun lalu yang berfokus ke masing-masing negara yang terpilih, tahun ini ia dikemas bersama selebrasi ulang tahun ke-50 ASEAN (Association of South East Asian Nations).

Mencapai usianya yang ke-4 dengan fokus ke berbagai negara; Thailand di tahun pertama, Filipina di tahun ke-2 dan Indonesia di tahun lalu, edisi ke-4 ‘Crosscut Asia’ kini dibandrol dengan judul ‘What’s Next from Southeast Asia’. Sebagai showcase untuk memperkenalkan talenta-talenta Asia, segmen ini tetap digelar dengan kolaborasi bersama The Japan Foundation Asia Center.

Sineas yang terpilih untuk mengisi segmen tahun ini adalah Brilante Ma Mendoza dari Filipina yang sudah memenangkan penghargaan di Berlin, Cannes dan Venice, Tran Anh Hung dari Vietnam yang juga ikut berpartisipasi sebagai juri di edisi ke-28 TIFF dan memenangkan Golden Lions di Venice lewat ‘Cyclo’ (1995) – juga pernah membesut film Jepang ‘Norwegian Wood’ (2010), dan Apichatpong Weerasethakul dari Thailand; peraih Palme d’Or Cannes lewat ‘Uncle Boonmee Who Can Recall His Past Lives’ (2010).

Selain nama-nama tersebut, yang lebih spesial buat Indonesia, satu lagi sineas yang akan mengisi ‘Crosscut Asia #04’ adalah Garin Nugroho. Sebagai salah satu sineas kita yang paling dikenal di dunia internasional, Garin tercatat sudah menayangkan 12 film selama sejarah penyelenggaraan TIFF, dari ‘Daun di Atas Bantal’ yang pernah meraih Special Jury Prize di edisi ke-10 TIFF hingga ‘Guru Bangsa Tjokroaminoto’. Garin bahkan pernah menjadi juri di edisi ke-19 festivalnya.

Bersama sejumlah highlight spesial lain festivalnya; termasuk segmen ‘The Muses of Japanese Cinema’ dan sorotan rutin animasi yang kali ini berfokus ke karya-karya sutradara animasi Keiichi Hara seperti ‘Colorful’ (2010) dan ‘Miss Hokusai’ (2015), TIFF akan mengumumkan lebih lanjut judul-judul film dari masing-masing sineas yang akan mengisi segmen ‘Crosscut Asia’ tahun ini.

Tokyo International Film Festival edisi spesial ke-30 akan dihelat dari 25 Oktober hingga 5 November mendatang di venue utamanya di Roppongi Hills dan sejumlah lokasi lain di Tokyo.

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)