Home » Dan at The Movies » BAYWATCH (2017)

BAYWATCH (2017)

BAYWATCH: GOOD NODS AND FUN MOCKS
Sutradara: Seth Gordon
Produksi: Paramount Pictures, Contrafilm, The Montecito Picture Company, Vinson Pictures, Seven Bucks Productions, Flynn Company, Cold Spring Pictures, 2017

Image: impawards.com

Walau sempat dihentikan setelah musim pertama, masa tayang 10 tahun untuk sebuah serial tentunya cukup menjelaskan tingkat popularitasnya. ‘Baywatch’ yang mempopulerkan banyak nama termasuk Pamela Anderson, Erika Eleniak hingga Carmen Electra, sebagian juga tercatat atas karir awalnya sebagai Playboy Playmate – selain tentunya salah satu show paling ikonik dari David Hasselhoff, memang tergolong legendaris sebagai salah satu serial televisi yang paling banyak ditonton orang.

Rencana mengadopsinya ke layar lebar sudah dimulai sejak 2012 namun pre-produksinya baru terlaksana menjelang akhir 2015 dengan nama Ivan Reitman sebagai salah satu produser bersama 3 orang kreator aslinya; Michael Berk, Douglas Schwartz dan Gregory J Bonann. Dwayne ‘The Rock’ Johnson yang sudah jadi kandidat sejak awal memerankan karakter Hasselhoff bersama sejumlah nama-nama yang cukup dikenal; di antaranya Zac Efron dan Alexandra Daddario. Jelas sasaran jualannya tetap sama dengan serial aslinya. Pameran babes, hunks and bodies dalam balutan busana pantai yang membuat waktu rilisnya di sini ditunda hingga selesai Lebaran. Itu pun dengan rating 21+ oleh LSF kita yang sebenarnya kurang beralasan, karena di luar eksploitasi fisik, sulit menampik bahwa serial aslinya sudah dikenal semua anak-anak di bawah umur pada masanya. Lagipula, latarnya sendiri memang mau tak mau mengharuskan tampilannya seperti itu sebagaimana realita yang ada.

Satuan lifeguards pantai Emerald Bay, Florida; dikepalai oleh Lt. Mitch Buchannon (Dwayne Johnson) dan wakilnya Stephanie Holden (Ilfenesh Hadera) yang tengah merekrut anggota dipusingkan oleh kandidat barunya; mantan perenang Olimpiade Matt Brody (Zac Efron) yang angkuh dan terkenal tak bisa bekerjasama dalam tim. Namun perlahan, Brody bisa meyakinkan Buchannon untuk menerimanya bersama Ronnie (Jon Bass), seorang geeky fanboy mereka yang menaruh hati pada anggota veteran C.J. Parker (Kelly Rohrbach) dan gadis cantik Summer Quinn (Alexandra Daddario). Menemukan sekantong narkoba di sekitar pantai, Buchannon mulai menyadari koneksi yang ada ke Victoria Leeds (Priyanka Chopra), pemilik sebuah klub di sana. Mengabaikan perintah atasan mereka, Capt. Thorpe (Rob Huebel), Buchannon dan timnya bergerak menyelidiki konspirasi yang terjadi di balik misteri pembunuhan seorang pejabat kota.

Tak seperti banyak adaptasi serial TV yang sekarang ini cenderung sibuk membentuk konsep barunya sendiri, skrip yang ditulis oleh Damian Shannon dan Mark Swift, duo penulis dari ‘Freddy Vs. Jason’ dan ‘Friday The 13th’ versi 2009 berdasar cerita dari Robert Ben Garant (kreator ‘Reno 911!’ yang berada di balik proyek awalnya) dan Thomas Lennon tetap mengusung elemen-elemen asli source hingga karakter-karakter intinya. Tak heran kalau ‘Baywatch’ versi 2017 ini di satu sisi hanya terlihat seperti salah satu episode TV yang dilayarlebarkan dengan production value lebih.

Namun begitu, bukan berarti tak ada inovasi baru yang dituangkan ke dalamnya. Walau konsepnya simpel-simpel saja, mereka bersama sutradara Seth Gordon (‘Horrible Bosses‘, ‘Identity Thief‘) lebih memilih bermain-main dengan konsep asli serialnya ke batasan-batasan yang aman. Ada banyak nods ke serial aslinya berikut yang mungkin paling menarik, sejumlah self-mockery terhadap keberadaan plot serialnya yang menempatkan karakter-karakter lifeguards bak sekelompok detektif yang selalu berhadapan dengan kasus-kasus kriminal. Dari pangkat ke kelas profesi, mockings ini jadi terasa sangat efektif diselipkan ke plot barunya buat membangun sisi komedi tanpa harus jadi keluar jalur namun berhasil. Pendeknya, resiko yang ada tak membuatnya jadi dagelan tak penting macam adaptasi layar lebar ‘Starsky & Hutch’ atau ‘Chips’, tapi masih jauh lebih aman dibandingkan kegokilan ’21 Jump Street’ yang untungnya secara mengejutkan malah bisa luar biasa bekerja dengan baik.

Notable elements lainnya tentu ada pada pemilihan cast-nya. Tetap mengusung karakter-karakter aslinya walaupun sebagian hanya meminjam nama dengan sisipan twist atas cameo pemeran asli serial TV-nya; Hasselhoff dan Anderson, Johnson dkk. didapuk untuk menghidupkan ulang karakter-karakter TV-nya yang sudah kita kenal. Brody yang dulunya diperankan David Charvet kini berpindah ke Zac Efron, Holden dari Alexandra Paul ke Ilfenesh Hadera (‘Old Boy’, ‘Chi-Raq’), C.J. Parker dari Pamela Anderson ke Kelly Rohrbach, model Sports Illustrated, dan Summer Quinn dari Nicole Eggert ke Alexandra Daddario. Satu-satunya karakter lifeguard baru yang ditempatkan sebagai bulan-bulanan comic relief adalah Jon Bass sebagai Ronnie.

Sementara karakter polisi rekan para lifeguards ini, Garner Ellerbee yang dulunya diperankan oleh Gregory Alan Williams kini diperankan aktor serial ‘The Get DownYahya Abdul-Mateen II dengan pola reboot twists, begitu juga sang komandan Thorpe (Rob Huebel) yang dulunya diperankan aktor kawakan Monte Markham. Bagi penggemar serial aslinya, karakter-karakter ini, tak peduli sebagian dirombak sedemikian rupa, tentu sudah dikenal dan menjadi trivia menarik bersama plot baru dan bonus ekstra dari penampilan aktris India Priyanka Chopra.

Berada di antara sedikit konsep baru beserta homage ke serial aslinya, termasuk opening ikonik dan theme song milik alm. Jimi Jamison dari band rock ’80an Survivor; ‘I’m Always Here’ yang muncul hanya sepenggal, tak ada sebenarnya yang terlalu spesial dari ‘Baywatch’ versi layar lebar ini. Ia memang terlihat bak sebuah episode panjang yang dilayarlebarkan dengan production value lebih, namun satu hal – dengan kombinasi komedi nyeleneh – aksi yang tak pernah kelewat bombastis dan porsi pas pameran fisik para pemerannya, pilihannya bermain aman justru berhasil membuatnya sama sekali bebas dari resiko dan aman-aman pula kalau hasil BO-nya cukup baik buat dilanjutkan ke sekuel berikutnya. Good nods and fun mocks, ini adalah tontonan yang cukup menghibur. Pure summer fun. (dan)

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)