Home » Dan at The Movies » ANNABELLE: CREATION (2017)

ANNABELLE: CREATION (2017)

ANNABELLE: CREATION: A PLAYFULLY KINETIC AND ULTIMATE HORROR RIDE
Sutradara: David F. Sandberg
Produksi: New Line Cinema, Atomic Monster Productions, The Safran Company, RatPac Entertainment, Warner Bros., 2017

Image: impawards.com

Sebagai salah satu komoditas horor Hollywood, Annabelle yang merupakan bagian dari universe yang dibangun oleh produser Peter Safran dan James Wan dari The Conjuring memang jadi salah satu yang terdepan sekarang ini. Resepnya padahal bukan sepenuhnya baru dan sudah jadi template di genre-nya. Dari Child’s Play ke sejumlah film lokal soal boneka hantu termasuk The Doll 1-2 yang juga laku keras, yang jadi soal pada akhirnya adalah bentuk kemasannya.

Annabelle: Creation menjadi instalmen spinoff berikut sebelum The Nun yang juga bakal melanjutkan universe-nya nanti, berupa prekuel dari film sebelumnya. Bergerak balik ke asal-usul Annabelle yang kabarnya terinspirasi dari boneka nyata yang jadi kasus paranormal The Warrens, Creation mengenalkan kita pada pasutri Mullins, Samuel (Anthony LaPaglia) dan Esther (Miranda Otto), pembuat boneka yang baru kehilangan putri satu-satunya pada sebuah kecelakaan. 12 tahun kemudian, mereka menampung Suster Charlotte (Stephanie Sigman) beserta 6 gadis belia dari sebuah panti asuhan yang sudah ditutup di rumah mereka, Nancy (Philippa Coulthard), Carol (Grace Fulton), Tierney (Lou Lou Safran), Kate (Tayler Buck), Linda (Lulu Wilson) dan Janice (Talitha Bateman) yang menderita polio. Dari situ, teror dimulai bersama terkuaknya rahasia yang disimpan keluarga Mullins selama ini soal boneka misterius bernama Annabelle.

Skrip yang ditulis oleh Gary Dauberman, juga penulis Annabelle dan remake horor badut karya Stephen King mendatang; It, sebenarnya sudah memberi fondasi yang kuat terhadap Creation. Caranya menggagas setup untuk gelaran horornya ada di jalur yang benar dengan fokus karakter yang tepat. Ia bisa membuat kita gregetan hanya dengan membayangkan apa yang terjadi pada karakter-karakter utamanya saat mereka berhadapan dengan teror yang digelar.

Pemilihan cast-nya pun tepat tanpa harus bertabur bintang. Di luar LaPaglia dan Otto sebagai pemain senior, hampir semua cast juniornya menghidupkan karakter-karakter mereka dengan baik termasuk karakter Janice oleh Talitha Bateman dan Linda yang dibintangi aktris cilik Lulu Wilson. Sementara pemeran Suster Charlotte, Stephanie Sigman; sebelumnya sudah kita saksikan lewat film action cult Meksiko tahun 2011; Miss Bala.

Namun yang benar-benar berhasil mengangkatnya secara keseluruhan adalah sutradara David F. Sandberg yang sebelumnya melejit lewat Lights Out. Di tangan Sandberg yang memiliki potensi besar sebagai protege James Wan, yang sudah menorehkan style playful-nya dalam Lights Out; Creation dikemas tak kalah seru bak menaiki sebuah wahana seram di sebuah theme park lewat penggunaan props hingga penggunaan tuas, katrol dan gimmick lain melebihi aspek-aspek wajib film horor dari sekedar makeup, goriness hingga jump scare.

Gelaran horornya yang berlokasi di nyaris sebuah single set pun muncul secara kinetik dan luar biasa efektif dengan elemen-elemen yang jarang-jarang kita temukan di genre sejenis, membagi porsi teror dengan seimbang dan penuh perhitungan ke semua karakternya, juga tampilan sejumlah sinister villain lain yang monumental selain Annabelle; The Nun, hantu biarawati yang di sini lebih dikenal sebagai Valak, Scarecrow dan Annabelle Demon yang dimainkan oleh Joseph Bishara.

Ini, mau tak mau membuat Annabelle: Creation mampu tampil dengan fresh tanpa harus bergantung sepenuhnya ke pameran jump scare berlebih, jauh melampaui film pertamanya. Ditambah sinematografi Maxime Alexandre yang sudah berpengalaman di genre horor, editing Michel Aller dan scoring dari Benjamin Wallfisch yang sangat efektif dalam tiap gelaran terornya, ia juga bisa menyuguhkan batasan beda dengan franchise utamanya. Seram, seru, sekaligus meletakkan standar baru buat horor yang asyik dinikmati di motion gimmicks cinema seperti 4DX atau D-Box, rasanya tak berlebihan menyebut Creation sebagai sajian horor terbaik tahun ini. A playfully kinetic and ultimate horror ride! (dan)

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)