Home » Dan at The Movies » RENEGADES (2017)

RENEGADES (2017)

RENEGADES: A FUN MILITARY ACTION MEETS TREASURE HUNTING ADVENTURE FANTASY
Sutradara: Steven Quale
Produksi: EuropaCorp, STX Entertainment, 2017

Image: impawards.com

Banting stir dari pasar arthouse membawa genre-genre aksi komersil ke ranah internasional – mungkin satu-satunya produk sinema Eropa paling established di pasar dunia, Luc Besson dengan EuropaCorp-nya masih terus menelurkan film-film mereka. Renegades adalah yang terbaru dari sutradara Steven Quale (Final Destination 5, Into the Storm) dan penulis Richard Wenk yang juga dikenal lewat genre aksi dari The Mechanic, The Expendables 2 ke remake The Magnificent Seven dan sekuel Jack Reacher. Membawa aksi militer ke sebuah fantasi petualangan, ia mungkin sedikit berbeda terutama untuk kalangan pemirsa yang akrab dengan racikan kombinasi ini di era ’70 ke ‘80an.

Sekelompok Navy SEAL yang bertugas di perbatasan Kroasia saat Perang Bosnia bergejolak; Matt Barnes (Sullivan Stapleton), Stanton Baker (Charlie Bewley) dan ketiga rekan mereka (Dimitri Leonidas, Joshua Henry & Diamaid Murtaugh) menemukan situs harta karun emas Nazi bernilai ratusan juta dolar US$ lewat seorang wanita lokal (Sylvia Hoeks) yang menjalin hubungan dengan Baker. Masalahnya, emas Nazi yang terkubur di dasar sebuah danau dari kota kecil yang tenggelam semasa PD II tak semudah itu bisa diangkat ke permukaan, sementara pimpinan mereka (J.K. Simmons) sudah memberi ultimatum bagi kelimanya untuk dipindahkan ke daerah lain. Belum lagi, Mayor Petrovic (Clemens Schick) dari pasukan Serbia siap menghentikan mereka kapan saja. Dipacu oleh waktu, Barnes dan rekan-rekannya pun nekat menempuh misi ini dengan bantuan pilot bayaran Jim Rainey (Ewen Bremner).

Tak ada memang yang terlalu spesial dari Renegades sebagai film aksi di kelas rata-rata produksi EuropaCorp. yang walaupun tak pernah jatuh ke kelas B ala film-film VOD namun hanya sesekali bisa dianggap setara dengan blockbuster Hollywood. Renegades juga terasa sekali memanfaatkan persona J.K. Simmons lewat bentukan peran-peran tipikal penuh wibawanya sebagai commanding officer yang disesuaikan dengan bujet tanpa pernah membawanya ikut serta ke dalam deretan adegan aksi tersebut, begitu pula Ewen Bremner dari Trainspotting dan Wonder Woman. Keduanya berhasil dimanfaatkan dengan baik sebagai daya jual tambah yang bekerja sebagaimana mestinya.

Selebihnya hanya ada nama-nama yang tak terlalu dikenal walaupun Sullivan Stapleton sudah pernah menjadi lead layar lebar di sekuel 300: Rise of an Empire dan partner-nya, Charlie Bewley mengisi peran supporting di franchise Twilight. Guliran aksinya pun hanya tampil benar-benar menonjol di adegan pembuka tanpa intensitas yang bisa menandingi di sepanjang durasi yang tersisa.

Namun begitu, kombinasi genre di atas homage terhadap sejumlah film-film era ’70 ke ‘80an-nya, di sisi lain tetap bisa memunculkan racikan yang cukup berbeda. Menggabungkan genre perang/misi militer dengan latar historis ke sebuah fantasi petualangan pencarian harta karun berlatar laut, ini seperti kombinasi dari film-film macam Escape to AthenaKelly’s Heroes dengan The DeepThe Delos Adventure; kalau tak mau sekalian menyebut film-film treasure hunt dengan latar Atlantis. Lengkap pula dengan tampilan karakterisasi ansambel para jagoan serta satu sosok wanita tangguh dan musuh komikal (diperankan oleh Clemens Schick yang baru tampil di Overdrive) di tengah-tengahnya. Ini, paling tidak, sudah jarang-jarang ada sekarang, setelah The Monuments Men (2014) yang sedikit banyak mengarah ke sana tak bisa maksimal memanfaatkan kesempatan yang ada.

Dan untungnya lagi, bersama chemistry ensemble cast-nya yang cukup enak buat dilihat, skrip dari Luc Besson dan Richard Wenk bisa menahan elemen-elemennya tetap ada di ranah yang sangat ringan serta fun sebagai hiburan murni. Begitu pula pace penyutradaraan Steven Quale dari kiprah awalnya sebagai second unit director James Cameron ke film-film hiburan yang sudah kita lihat di Final Destination 5 dan Into the Storm. Terakhir, Renegades juga kembali membawa komposer kolaborator Besson, Eric Serra, setelah kemarin absen di Valerian. Walau tak pernah jadi sebesar dua film yang direferensikan di poster atas nama-nama yang sama, Taken ataupun The Equalizer, ini jelas tak jelek. A fun military action meets treasure hunting adventure fantasy, cukup nikmati Renegades sebagaimana ia adanya. (dan)