Home » Events » DARI TOMMY LEE JONES KE STEVEN SODERBERGH DI TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL TAHUN INI

DARI TOMMY LEE JONES KE STEVEN SODERBERGH DI TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL TAHUN INI

@2017 TIFF

Pekan lalu, Tokyo International Film Festival (TIFF/TIFFJP) ke-30 mengumumkan seluruh lineup dan anggota juri tahun ini. Konferensi pers yang dibuka oleh Festival Director barunya, Takeo Hisamatsu, menyampaikan visi TIFF untuk sejumlah pembaharuan yang akan terus digagas ke masa depan penyelenggaraannya.

Kompetisi Utama dan Komposisi Juri TIFF ke-30

@2017 TIFF

Dalam segmen kompetisi akan ada 15 film yang lolos ke nominee final dari keseluruhan entry lintas negara sejumlah total 1538 film. Ada dua film Jepang di segmen kompetisi ini, The Lowlife yang disutradarai oleh Takahisa Zeze, serta Tremble All You Want dari sutradara Akiko Ooku. Sebuah entry dari Malaysia, Aqerat (We the Dead) karya Edmund Yeo juga akan bersaing sekaligus ditayangkan sebagai World Premiere di kompetisi ini.

Pengumuman paling menarik datang dari komposisi juri tahun ini. Aktor Hollywood peraih Oscar Tommy Lee Jones akan hadir di TIFF sebagai Jury President memimpin 4 Jury Members; sutradara Perancis Martin Provost (Seraphine, Violette), sutradara Iran Reza Mirkarimi (A Cube of Sugar, Daughter), aktor Jepang Masathoshi Nagase (Suicide Club, The Hidden Blade) serta aktris-sutradara-penyanyi Zhao Wei yang di sini lebih dikenal dengan nama Vicky Zhao lewat serial Putri Huan Zhu (My Fair Princess) dan Kabut Cinta (Romance in the Rain). Sejumlah film lain Zhao Wei yang sangat populer hingga ke ranah internasional adalah Shaolin Soccer, So Close dan Mulan, di antaranya.

@ 2017 TIFF

Dalam segmen spesial untuk merayakan 100 tahun lahirnya animasi Jepang, yang juga menjadi highlight tahun ini, the Animation Focus Section akan menampilkan sutradara animasi Keichii Hara bersama program The World of Keichii Hara. Hara, yang juga sempat membawa showcase spesialnya ke beberapa kota di Indonesia, dari Jakarta hingga Medan beberapa tahun lalu, akan menampilkan seluruh film-film karyanya; sejumlah film-film Doraemon dan Crayon Shin-chan, juga Summer Days with Coo (2007), Colorful (2010) ke Miss Hokusai (2015) yang sangat populer bagi fans anime.

The World of Steven Soderbergh

©2017 INCARCERATED INDUSTRIES INC.
ALL RIGHTS RESERVED

Tokyo International Film Festival ke-30 juga akan dihadiri oleh sutradara Steven Soderbergh dengan segmen spesial The World of Steven Soderbergh yang disponsori oleh American Airlines. Mempresentasikan karya terbarunya, Logan Lucky, di segmen Special Screening, segmen spesial yang juga akan menghadirkan Soderbergh dalam serangkaian Q&A dan talkshow khusus ini akan menayangkan 3 filmnya; pemenang Palme d’Or Cannes yang menjadi titik tolak karir Soderbergh, Sex, Lies and Videotape (1989), juga dua blockbuster-nya, Ocean’s Eleven (2001) dan Haywire (2011).

Selebrasi film yang sekaligus merayakan ulang tahun ke-30 Tokyo International Film Festival ini akan menayangkan lebih dari 200 film selama 10 hari penyelenggaraannya dari 25 Oktober hingga 3 November 2017 di venue utama Roppongi Hills dan sejumlah lokasi lain seputar Tokyo.

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)