Home » Contributors » Set It Up (2018)

Set It Up (2018)

SET IT UP

Sutradara: Claire Scanlon

Produksi: Treehouse Pictures, Netflix, 2018

Image: impawards.com

Banyak orang berusaha untuk melakukan perubahan atau upgrade terhadap hal-hal yang dianggap bisa menambahkan penjualan. Cuma jangan salah, banyak sebenarnya yang merindukan hal-hal klasik dan sederhana. Hal ini berusaha dimunculkan pada original film terbaru Netflix, Set It Up.

Tidak seperti film-film romansa lainnya yang menampilkan grounchy side of romance, Set It Up berusaha untuk menampilkan sebuah sisi manis yang klasik dan terasa begitu familiar kepada penontonnya. Jalan cerita yang tidak bertele-tele dan ringan menjadikan penonton terpikat untuk terus mengikuti kisah cinta dari Kirsten (Lucy Liu) dan Rick (Taye Diggs) yang adalah petinggi pada perusahaannya masing-masing.

Kesibukan pada petinggi ini terasa sangat dekat dengan kita para pekerja metropolitan yang sibuk dan sering kali menomorduakan urusan percintaan dan romansa karena terlalu sibuk dengan kehidupan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Melupakan begitu banyak perasaan orang dengan berbagai kesibukan pekerjaan tanpa memerhatikan waktu atau bahkan simpati kepada anak buah di kantor. Harper (Zoey Deutch) dan Charlie (Glen Powell) yang sangat menghormati para atasan mereka sering kali mengeluhkan pekerjaan yang tidak ada habiskan dan rendahnya apresiasi para bos kepada mereka. Hingga suatu ketika mereka bertemu secara tidak sengaja ketika mereka harus menyediakan makan malam untuk para bos tersebut dengan waktu yang sangat singkat.

Komedi-komedi yang berusaha ditampilkan di Set It Up ini pun terasa tidak dipaksakan dan mengalir dengan sangat menyenangkan, membuat penonton menjadi tergelak dan memikirkan bagaimana perlakuan kita terhadap anak buah terkadang, atau bahkan kepada mereka para anak buah yang memiliki bos kurang simpati merasa sangat relate dengan kejadian-kejadian yang ada di film ini. Ketika kejadian-kejadian dan pekerjaan-pekerjaan dengan waktu yang tidak masuk akal membuat hidup para asisten ini menjadi sulit, maka yang termudah terpikir oleh mereka adalah untuk memasangkan kedua bos yang nampaknya hanya jatuh cinta dengan pekerjaan mereka untuk dapat jatuh cinta kepada manusia lain.

Sutradara Claire Scanlon dan penulis Katie Silberman, keduanya wanita, berhasil menampilkan sebuah romansa komedi yang menggelitik dan sangat nostalgic kepada mereka para penonton yang memiliki karakter hopeless romantic. Rencana percomblangan yang sangat mirip dengan film The Parent Trap (versi remake 1998) menghasilkan berbagai adegan-adegan lucu salah satunya adalah ketika kedua bos ini terperangkap di dalam elevator yang juga di dalamnya ada seorang delivery man (Leonard Ouzts). Set It Up juga berusaha menampilkan keberagaman, dengan menyisipkan karakter gay yang merupakan sahabat Charlie.

Di dalam kesederhanaannya yang menarik ini, Set It Up juga memiliki beberapa kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu berdampak pada jalan ceritanya namun akan lebih menarik apabila Claire dan Katie juga membahas sedikit mengenai budaya kerja millenial yang diterima oleh Charlie dan Harper, serta ambisi-ambisi kecil dari kedua asisten yang berusaha untuk membahagiakan kedua atasannya ini.

Tapi secara garis besar, film Set It Up seperti refreshment dari berbagai film romansa komedi yang belakangan ini melupakan sebuah jalan cerita sederhana tentang keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi manusia. Ada sebuah kebahagiaan tersendiri ketika kita menonton dua manusia pekerja keras yang melupakan kehidupan pribadinya hanya untuk mengejar materi tanpa memerdulikan kolega mereka ataupun kehidupan mereka sendiri. Apabila sulit untuk kita menemukan film dengan plotline yang sangat ringan seperti ini di bioskop, mungkin Netflix dengan begitu banyak original movies mereka dapat menjadi sebuah alternatif lain untuk kembali menghidupkan kategori film seperti ini.

atamichaella

atamichaella

Life is an experiment. Create a great one!
atamichaella

Latest posts by atamichaella (see all)