Home » Dan at The Movies » THE SPY WHO DUMPED ME (2018)

THE SPY WHO DUMPED ME (2018)

THE SPY WHO DUMPED ME: A FORMULAIC FEMALE SPY COMEDY THAT ALSO PUT WEIGHTS ON VIOLENT ACTION

Sutradara: Susanna Fogel

Produksi: Imagine Entertainment, Lionsgate, 2018

Image: impawards.com

Meski tak lagi sesering di dekade 80/90an, formula-formula komedi aksi-spionase Hollywood masih sesekali diproduksi. Dalam trend formulanya dengan lead wanita, setelah The Heat (2013) dan Spy (2015) yang keduanya dibintangi Melissa McCarthy, kali ini giliran Kate McKinnon, komedian yang sudah memulai karir lead layar lebarnya sejak Ghostbusters 2016, yang di sini dipasangkan dengan Mila Kunis.

Dua sahabat; Audrey (Kunis) dan Morgan (McKinnon) seketika menemukan diri mereka terjebak dalam konspirasi spionase yang melibatkan pihak CIA, MI6 dan mafia Eropa kala Drew (Justin Theroux), kekasih Audrey yang baru saja meninggalkannya menitipkan sebuah misi rahasia. Bertolak mengarungi Eropa di tengah kejaran semua pihak, Audrey dan Morgan harus menentukan siapa lawan dan siapa kawan untuk bisa keluar hidup-hidup dari intrik ini. Tentu di tengah kekacauan tak terhindarkan dari ulah keduanya.

Hadir dari gagasan dua sineas layar lebar baru di baliknya, sutradara wanita Susanna Fogel yang baru menelurkan satu film debut Life Partners (2014) dan penulis David Iserson yang lebih berkiprah di Saturday Night Live dan beberapa episode serial TV, secara mengejutkan ternyata bisa menyuntikkan elemen-elemen racikan baru dalam formula yang sudah tergolong usang ini. Template komedinya tak berbeda, hanya saja kali ini jelas bergantung pada gaya performa McKinnon yang tengah naik daun, namun sisi aksinya ditingkatkan ke ranah sadis untuk diracik bersama komedinya.

Walau punya resiko menurunkan porsi komedinya, juga layer adegan aksi yang harus jauh lebih variatif, untungnya chemistry Kunis – yang kian memantapkan diri di jalur komedi setelah franchise Bad Moms – bersama McKinnon bisa menjaga The Spy Who Dumped Me tetap berjalan di jalurnya. Bagusnya pula, ada pembagian karakter yang konsisten untuk tak membuat McKinnon sebagai lini utama jualannya tak sampai menutupi peran Kunis di porsi mereka. Ada juga penampilan kuat dari Sam Heughan dari serial Outlander yang tampaknya bakal punya karir bersinar di Hollywood setelah ini, juga aktris Ukraina Ivanna Sakhno dengan tampilan badass dan piawai beraksi dalam action scenes dari Pacific Rim: Uprising, sementara komedian berdarah India Hasan Minhaj justru ditempatkan di sisi yang cenderung mengisi salah satu komedi tergelapnya. Masih ada pemain senior Justin Theroux dan Gillian Anderson dan penampilan singkat dua komedian veteran Jane Curtin dan Paul Reiser.

Ditambah referensi-referensi kultur pop yang sedang jadi trend sekarang, dari film ke lagu; satu yang terlucu adalah ketika nama panjang Morgan dibuka, aksi seru dan sadis dengan globe-trotting sets negara-negara Eropa lewat sinematografi bagus dari Barry Peterson yang sudah sering berkiprah di genre komedi aksi dan komedi McKinnon memang harus diakui bisa dipadukan Susanna Fogel dengan cukup kuat. Bahkan rasanya, kita pun tak akan keberatan ketika guliran mid-credit scene-nya memberi hint ke petualangan Audrey dan Morgan selanjutnya. (dan)

danieldokter

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter

Latest posts by danieldokter (see all)