Home » Events » TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL TUNJUK ZHANG ZIYI SEBAGAI KETUA JURI KOMPETISI INTERNASIONAL TAHUN INI

TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL TUNJUK ZHANG ZIYI SEBAGAI KETUA JURI KOMPETISI INTERNASIONAL TAHUN INI

Ⓒ 2019 TIFF

Cannes, 22 Mei 2019 – Pekan lalu, Tokyo International Film Festival (TIFF) menggelar konferensi pers di Cannes untuk mengumumkan nama Zhang Ziyi sebagai ketua juri (Jury President) untuk kompetisi internasional di TIFF edisi ke-32 yang akan digelar Oktober mendatang.

Takeo Hisamatsu, Festival Director TIFF, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa ia sangat gembira bahwa Zhang Ziyi menerima undangan ini. “Kami sangat senang menyambut Zhang Ziyi sebagai Presiden Juri Internasional di festival kami. Di China, ia dikenal sebagai talenta terdepan industrinya bahkan hingga level dunia, namun tetap, akting debutnya di The Road Home tak terlupakan. Ia juga pernah bermain di Princess Raccoon, film terakhir sineas kami, Seijun Suzuki, hingga mendapat banyak fans di Jepang. Kami sangat menantikan kerjasama ini di TIFF edisi ke-32, dan kami juga yakin hal ini akan menjadi pengalaman berharga buat semua”.

Ⓒ 2019 TIFF

Merayakan 20 tahun perjalanan karirnya, Zhang memang sudah mendapatkan status internasional lewat sederet film-filmnya dari China ke produksi negara lain, termasuk debutnya, The Road Home yang disutradarai oleh sineas kenamaan Zhang Yimou, kontender film terbaik Oscar Crouching Tiger, Hidden Dragon serta hit internasional Hollywood Memoirs of A Geisha arahan Rob Marshall yang memberinya nominasi aktris terbaik di BAFTA dan Golden Globe.

Zhang yang juga hadir dalam konferensi pers itu menanggapi, “Saat pertama kali datang ke Tokyo, saya hanyalah seorang aktris muda yang berangkat dari negara saya dengan sebuah film debut. Saya terkesan dengan keramahan dan penerimaan penonton-penonton Jepang terhadap saya dan The Road Home, sekaligus menyaksikan sendiri betapa besar cinta dan passion sineas-sineas Jepang di film-film mereka”. Ia juga menambahkan, “Bahwa film pertama saya tersebut lantas diterima dengan baik oleh audiens internasional termasuk Jepang, menurut saya menunjukkan kekuatan storytelling dalam mengekspresikan perasaan sedih dan gembira secara universal. Untuk seorang aktris baru, ini benar-benar perasaan yang sulit digambarkan”.

Ⓒ 2019 TIFF

Menurut Zhang, undangan untuk berpartisipasi di TIFF adalah sebuah kesempatan berharga untuk menemui sekaligus bekerjasama dengan para penggemar film di Jepang. Ia merasa sangat senang dan tak sabar merasakan pengalaman ini untuk secara keseluruhan, menemukan dan merayakan film-film yang baik.

Nama-nama anggota juri internasional lainnya akan diumumkan menyusul menuju penyelenggaraaan TIFF edisi ke-32 yang akan digelar akhir Oktober tahun ini.

danieldokter

Daniel Irawan adalah pemilik situs ini.
danieldokter