Home » Dan at The Movies » THE MYSTERY OF THE DRAGON SEAL: PERANG TANDING JACKIE CHAN VS. ARNOLD SCHWARZENEGGER

THE MYSTERY OF THE DRAGON SEAL: PERANG TANDING JACKIE CHAN VS. ARNOLD SCHWARZENEGGER

Sutradara: Oleg Stepchenko

Produksi: Russian Film Group, China Film Group Corporation, Sparkle Roll Media, 2019


© 2019 Russian Film Group, China Film Group Corporation

Banyak orang terutama penggemar film yang mungkin bertanya-tanya, kenapa kolaborasi Jackie Chan dan Arnold Schwarzenegger, dua nama besar bintang aksi yang sudah sejak lama ditunggu sejak dulu, dalam film berjudul The Iron Mask: Mystery of The Dragon Seal/The Mystery of the Dragon Seal ini tak terlalu terdengar saat filmnya dirilis tahun lalu di Rusia dan China. Sempat tertunda distribusinya beberapa waktu, film joint  venture Inggris, Rusia dan China yang sudah di-syut sejak 2017 ini memang baru dirilis secara Internasional dimulai dari Amerika Serikat April tahun ini. Tak terlalu banyak juga mungkin yang mengetahui kalau film yang aslinya di China dibandrol judul Viy 2: Journey to China ini merupakan sebuah sekuel dari film fantasi petualangan Rusia berjudul sama, Viy (2015) yang berjudul internasional Forbidden Empire (di Inggris; Forbidden Kingdom) dan diinspirasi dari karya penulis legendaris Rusia, Nikolai Gogol.

Di negaranya sendiri, Viy yang mengisahkan petualangan ilmuwan penjelajah sekaligus kartografer (pembuat peta) Jonathan Green (diperankan oleh Jason Flemyng, aktor Inggris yang dikenal di sini lewat Lock, Stock and Two Smoking Barrels dan Snatch-nya Guy Ritchie) merupakan film yang mencatat kesuksesan besar di perolehan Box Office mereka. Tak heran bila sekuelnya, yang tetap dibesut oleh sutradara Oleg Stepchenko, juga menulis skripnya – kali ini bersama Dmitri Palees dan Alexey Petrukhin, mengekspansi produknya dengan kerja sama ke rumah produksi/distribusi Sparkle Roll milik Jackie Chan. Memakan bujet produksi tak sedikit untuk ukuran film-film blockbuster Rusia, sekitar 50 juta USD, selain membawa nama Jackie di kursi produser, mereka juga menggamit Arnold Schwarzenegger sebagai eksekutif produser. Selagi memang film-film produksi Rusia masih sangat terbatas distribusinya di bioskop-bioskop kita sehingga film ini juga urung dirilis di bioskop sini tahun lalu, beruntung kini kita bisa menyaksikannya lewat layanan streaming eksklusif Mola TV.

The Mystery of the Dragon Seal menyambung penjelajahan Jonathan Green ke China atas permintaan Tsar Rusia, Peter The Great (Yuri Kolokolnikov) yang tengah terkurung di penjara Tower of London bersama seorang master bela diri dari China (Jackie Chan). Di balik keberadaan sebuah segel misterius dan tirani seorang penyihir jahat yang membawa serta Putri Cheng Lan (Anna Yao/Helen Yao) ke dalam penyamaran bersama Green untuk merebut kembali kekuasaan serta sesosok Naga Sakti pelindung rakyatnya, Peter, tiga pengawal Ratu (The Luu Brothers) dan Sang Master harus menghadapi dulu kepala sipir penjara James Hook (Arnold Schwarzenegger) untuk bisa melarikan diri dari London. Ikut bergabung pula, istri Green – Miss Dudley (Anna Churina), yang melacak keberadaan sang suami.

Kelas produksi The Mystery of the Dragon Seal untuk ukuran blockbuster Rusia memang terlihat tak main-main. Hampir menyamai tampilan production value film-film fantasi bujet gede Hollywood, selain penggunaan efek visual dan CGI yang cukup oke, set dari London, Moskow ke China, termasuk aksi kejar-kejaran kereta kuda hingga kapal laut diterjang badai dan peperangan seru di istana tampil dengan visual yang memukau lewat sinematografi hasil kolaborasi Ivan Gudkov dan DoP veteran HK, Ng Man-Ching yang sudah menunjukkan kiprahnya dari film-film China/HK seperti Infernal Affairs II/III, Initial D hingga Chinese Zodiac.

Membagi fokusnya ke tiga bagian – kisah petualangan Green – Cheng Lan dan Peter – Miss Dudley yang berjalan paralel serta bagian pertarungan Jackie Chan vs Arnold Schwarzenegger yang menjadi highlight utama jualan internasional menuju klimaks pertarungan seru , The Mystery of the Dragon Seal juga berjalan cukup rapi dan seimbang dan meskipun titik utamanya bukan berada pada karakter Jackie dan Arnold, kedua aktor laga legendaris ini tetap mendapat justifikasi untuk masuk ke bangunan plot utamanya tanpa menghilang begitu saja. Masih ada pula penampilan singkat aktor senior Charles Dance dan almarhum Rutger Hauer.

Bersama semua sisi yang bisa berjalan dengan keseruan masing-masing menerjemahkan kelas produksinya, daya tarik luar biasa dari The Mystery of the Dragon Seal memang tak bisa dipungkiri, ada pada adegan pertarungan Jackie Chan vs Arnold Schwarzenegger yang dibesut sangat fun dan komikal tanpa kehilangan unsur-unsur aksi martial arts seru ala Jackie Chan biasanya. Bak sebuah perang tanding yang sudah lama ditunggu-tunggu penggemar film aksi, adegan ini cukup bisa membayar penampilan spesial keduanya, sekaligus menjadi tontonan fantasi petualangan seru untuk dinikmati bersama keluarga.

Lagi-lagi, meskipun tak sempat hadir di bioskop-bioskop Indonesia, beruntung kita bisa menyaksikan The Mystery of the Dragon Seal secara eksklusif lewat layanan kanal streaming Mola TV. Sebagai platform hiburan yang menyajikan konten eksklusif dan menarik melalui segmen-segmen Mola Movies, Mola Living, Mola Sports dan Mola Kids, mengakses layanan Mola TV juga mudah dan tergolong sangat ekonomis, apalagi pilihan filmnya yang beragam sebagai alternatif tontonan. Hanya dengan mengunduh aplikasi mobile, perangkat streaming full HD Mola Polytron ataupun mengaksesnya langsung lewat situs Mola TV (www.mola.tv), registrasi bisa diakses melalui link berikut: https://mola.tv/accounts/register. Dengan pembelian paket berlangganan seharga Rp. 12.500,- saja untuk Paket Anak Indonesia, The Mystery of the Dragon Seal langsung bisa disaksikan di gadget atau perangkat Anda. (dan)