Home » Dan at The Movies » RIG 45: THRILLER SERU BERLATAR LOKASI TAK BIASA

RIG 45: THRILLER SERU BERLATAR LOKASI TAK BIASA

Created by: Ola Norén, Roland Ulvselius

Produksi: MTG Studios, Mopar Media Group AB, 2018

Image: Dok. Mola TV

Trend menonton film lewat kanal streaming resmi yang tengah marak sekarang memang melebarkan eksplorasi tontonan secara meluas dari film ke serial TV maupun yang dikreasi khusus untuk kanal masing-masing. Selagi banyak yang memilih serial-serial populer, tak jarang, serial-serial potensial dari negara-negara yang filmnya tak biasa diakses terutama buat pemirsa Indonesia, terlewatkan. Namun ini juga pentingnya kanal streaming masing-masing mempromosikan kontennya agar bisa diakses oleh lebih banyak lagi pemirsanya. RIG 45, sebuah serial thriller 2018 produksi MTG Studios dan Mopar Media Group yang diluncurkan lewat kanal streaming Viaplay – bagian dari Nordic Entertainment Group (NENT), perusahaan TV kabel berbayar asal Swedia ini dikreasi oleh Ola Norén dan Roland Ulvselius, dan disutradarai oleh sineas Swedia, Per Hanefjord dari serial Black Widows (2017) dan Agent Hamilton (2020).

Dibintangi oleh aktris Irlandia Catherine Walker dari serial Prancis produksi Canal+ ‘Versailles’, aktor Skotlandia Gary Lewis (Billy Elliot, Gangs of New York) dan aktor Denmark Søren Malling (A Hijacking, A War), RIG 45 mengisahkan Andrea (diperankan Walker), investigator dari perusahaan Benthos Oil untuk bertolak ke RIG 45, lokasi anjungan pengeboran minyak lepas pantai untuk menyelidiki sebuah kecelakaan kerja yang memakan korban di sana. Ditemani Jens (Malling), pilot helikopter yang membawa Andrea ke sana, alih-alih memburu investigasi 2 hari menjelang Natal untuk bisa segera berkumpul kembali dengan keluarganya, Andrea justru menemukan kenyataan jauh dari yang diharapkan. Sebuah misteri yang harus diungkapnya, menemukan siapa sebenarnya sang pembunuh tepat di tengah badai besar yang menghantam lokasi tanpa satupun jaringan komunikasi yang bisa diakses untuk membantu mereka selamat keluar hidup-hidup dari RIG 45.

Walaupun plot misteri pembunuhan dalam serial-serial thriller bukan lagi merupakan hal baru di genrenya, RIG 45 menjadi unik karena lokasi yang diangkat menjadi latarnya. Set di seputar anjungan pengeboran minyak lepas pantai yang terisolasi berikut profesi tak biasa yang ikut melatari kisah misterinya membuat konsepnya jadi terasa makin menegangkan seperti sejumlah film-film thriller siapa pembunuhnya yang berlatar lokasi terisolasi seperti D-Tox/Eye See You-nya Sylvester Stallone (2002) ataupun Mindhunters (Renny Harlin, 2004).

Di tengah atmosfer klaustrofobik bercampur latar disaster/survival dari ancaman badai yang mendistraksi motif sekaligus menaikkan elemen-elemen pertaruhannya, Norén dan Ulvselius dengan leluasa mengeksplorasi interaksi antar karakter kru RIG 45 yang menjadi sandungan Andrea mengungkap kasus pelik ini, antara lain diperankan oleh David Dencik, Lisa Henni, Joi Johannsson, Bjorn Bengtsson, Jakob Oftebro dan Judith Roddy. Kekuatan selanjutnya ada dari pengarahan Hanefjord yang membuat RIG 45 punya faktor ketegangan sangat terjaga, juga belokan-belokan plot yang sulit buat ditebak menuju endingnya.

Meski bukan diperankan aktor-aktor yang dikenal luas buat pemirsa kita kecuali mungkin  Søren Malling bagi penggemar film-film Eropa dan terakhir tampil di film aksi arahan Brian De Palma, Domino (2019), RIG 45 tak kehilangan daya tarik dan justru seakan memberi penyegaran. Namun memang yang tampil paling kuat membawa alur pengisahannya adalah Catherine Walker sebagai investigator wanita tangguh di tengah kasus pembunuhan terisolasi ini. Lebih sering tampil di porsi peran pendukung di film-film drama, Walker membuktikan sosoknya bisa muncul dengan meyakinkan di genre seperti ini.

Merupakan tayangan eksklusif di pilihan TV series, RIG 45 juga sudah dikembangkan ke musim kedua yang mulai tayang tahun ini, dengan kursi penyutradaraan yang berpindah ke sineas Finlandia, Aku Louhimies. Berdurasi 40 menitan dalam keseluruhan 6 episode musim pertama, RIG 45 dapat disaksikan lewat layanan kanal streaming Mola TV. Sebagai platform hiburan yang menyajikan konten eksklusif dan menarik melalui segmen-segmen yang ada, layanan Mola TV yang punya banyak pilihan beragam dan bertambah terus juga tergolong sangat ekonomis. Hanya dengan mengunduh aplikasi mobile, perangkat streaming full HD Mola Polytron ataupun mengaksesnya langsung lewat situs Mola TV (www.mola.tv), registrasi bisa diakses melalui link berikut: https://mola.tv/accounts/register. Dengan pembelian paket berlangganan seharga Rp. 12.500,- saja, anda sudah bisa menyaksikan RIG 45 di Mola TV pada gadget dan perangkat Anda. (dan)