Home » Events » FILM KOMEDI ROMANTIS ‘HOLD ME BACK’ RAIH AUDIENCE AWARD DI PENUTUPAN TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-33

FILM KOMEDI ROMANTIS ‘HOLD ME BACK’ RAIH AUDIENCE AWARD DI PENUTUPAN TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-33

©2020 TIFF

Ditutup Senin malam (9/11/2020), Tokyo International Film Festival (TIFF) ke-33 menganugerahkan penghargaan tahunannya kepada film komedi romantis ‘Hold Me Back’ karya terbaru sutradara Akiko Ohku (Tremble All You Want). Penghargaan Audience Award/The Governor of Tokyo Award ini merupakan satu-satunya penghargaan yang diberikan pada edisi ke-33 yang tetap dihelat secara fisik di tengah Pandemi Covid-19 dengan sejumlah adaptasi program-program baru, namun tak kehilangan kemeriahannya.

Tetap berlangsung selama 10 hari dengan penayangan film-filmnya secara fisik, sejumlah program pendamping seperti master class ke acara talkshow baru yang mereka sebut talk salons, sesi sharing serial ‘Asia Lounge’, bersama seremoni penutupan yang digelar di Roppongi Hills, ‘Hold Me Back’ berhasil mengalahkan total 32 film di slot Tokyo Premiere 2020. Ini adalah kali kedua sutradara Akiko Ohku meraih penghargaan yang sama setelah filmnya ‘Tremble All You Want’ di TIFF edisi ke-30 2017 lalu, dan tak seperti biasanya, audiens-lah yang kali ini menjadi dewan juri di salah satu festival film internasional paling bergengsi di Asia ini.

Tampil bersama pemeran utama wanitanya, Rena Nounen yang lebih dikenal dengan nama populer Non, Ohku memberi sambutannya, “Saya merasa sangat terhormat menerima penghargaan ini. Saya dan segenap kru saya sangat senang mendapatkannya untuk yang kedua kali. Dalam 3 tahun terakhir, dunia berubah sedemikian rupa, dan di saat festival film lain mengalihkan penyelenggaraannya secara daring, TIFF tetap bisa menyapa audiens untuk menyaksikan film-filmnya di bioskop. Selagi tetap ada kekhawatiran terhadap Coronavirus, saya sangat merasa berterima kasih kepada audiens yang tetap mau datang membeli tiket, menyaksikan film dan memberikan suara mereka. Saya harap saya bisa menyalami tangan kalian satu-persatu”.

©2020 TIFF

Non, aktris yang menanjak lewat TV show populer Amachan (2013) lantas memberikan sambutan, “Saya tahu ada Audience Award di TIFF setiap tahun, namun menjadi satu-satunya penghargaan spesial di tahun ini, saya ingin berterimakasih pada audiens yang tela memilih film kami”. Ia juga menyampaikan terima kasih pada Ohku yang telah mempercayai dan memberinya peran utama dalam ‘Hold Me Back’. “Sebuah film baru lengkap ketika ada audiens yang datang menontonnya, karena itu penghargaan ini adalah sesuatu yang sangat berharga bagi saya”, tambahnya.

Dua pemeran utama lainnya, Kento Hayashi dan Ai Hashimoto yang berhalangan hadir tetap menyampaikan pesannya. Hayashi mengatakan rasa terima kasihnya terhadap audiens yang datang menonton dan memberikan suara mereka untuk film ini, dan tak lupa memuji Ohku berikut seluruh kru atas komitmen dan semangat mereka untuk membawa ‘Hold Me Back’ sampai ke hadapan penontonnya. “Saya sangat menantikan hari di mana seluruh audiens dapat menikmati atmosfer film hasil kerja tim kami (Ohku) di layar lebar nanti”, tambah Hayashi.

©2020 TIFF

Ai Hashimoto sendiri lewat pesannya menyampaikan terima kasih yang sama dan mengatakan “Saya percaya bahwa lewat film ini, saya sendiri, dan industri film kami secara keseluruhan sudah melakukan langkah yang baik untuk ikut menciptakan masa depan yang menjanjikan bagi sinema Jepang. Saya sangat gembira melihat para audiens menyukai filmnya”, pungkas Hashimoto lewat pesannya.

Setelah memberikan penghargaan Governor of Tokyo Award, Wakil Gubernur Mitsuchika Tarao membacakan pesan dari Yuriko Koike, Gubernur Tokyo. Mengucapkan selamat pada Ohku dan segenap kru dan pemeran ‘Hold Me Back’, Koike berpesan bahwa perang melawan Covid-19 yang juga ikut mempengaruhi aktivitas kebudayaan dan artistik masih akan tetap berlangsung, namun ia merasa bangga TIFF ke-33 dapat tetap diselenggarakan secara fisik. “Ketika seluruh dunia di-konfrontasi oleh krisis yang sama, kekuatan film menjadi sangat penting untuk menciptakan masa depan yang lebih baik”, tambahnya.

©2020 TIFF

Bersama sambutan dari festival chairman TIFF, Hiroyasu Ando yang menyampaikan rasa terima kasihnya pada audiens yang tetap hadir memeriahkan penyelenggaraan TIFF sambil mengutip quote Shakespeare, ‘All’s well that ends well” dan menantikan edisi festival tahun depan, TIFF ke-33 diakhiri dengan penampilan sutradara Hajime Hashimoto, penulis skrip Len Kawahara serta dua bintang utama Yuya Yagira dan Min Tanaka dari film ‘Hokusai’ yang menjadi film penutup tahun ini dalam slot World Premiere-nya. (dan)