Home » Events » TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-30 AKAN DIBUKA DENGAN VERSI LIVE ACTION FULLMETAL ALCHEMIST

TOKYO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL KE-30 AKAN DIBUKA DENGAN VERSI LIVE ACTION FULLMETAL ALCHEMIST

@tiff-jp.net

Merayakan ulang tahun ke-30 perhelatannya, Tokyo International Film Festival (TIFF/TIFFJP) merilis judul film pembuka dan penutupnya, Sabtu, 16 September lalu. Berbeda dengan edisi tahun-tahun sebelumnya, film pembuka TIFF tahun ini diisi oleh film dari sinema negaranya sendiri.

Fullmetal Alchemist, film tersebut, merupakan adaptasi live action dari manga populer berjudul sama karya Hiromu Arakawa. Disutradarai oleh Fumihiko Sori, sutradara peraih nominee Best Director di Japanese Academy Awards dari karya debutnya tahun 2002, Ping Pong, Fullmetal Alchemist dibintangi oleh Ryousuke Yamada, Tsubasa Honda dan Dean Fujioka dan baru akan ditayangkan akhir tahun ini oleh Warner Bros. Pictures.

©2017 Hiromu Arakawa/SQUARE ENIX
©2017 “FULLMETAL ALCHEMIST” Film Partners

Mengisi slot film penutup di akhir festival, akan hadir sekuel film dokumenter An Inconvenient Sequel: Truth to Power dari mantan wakil Presiden AS Al Gore yang disutradarai oleh Jon Shenk dan Bonni Cohen. Dokumenter ini merupakan kelanjutan dari An Inconvenient Truth (2006) sebagai usaha-usaha yang diinisiasi Al Gore dalam melawan krisis iklim global.

© 2017 Paramount Pictures

Bersama film pembuka dan penutup tersebut, TIFF juga sekaligus mengumumkan sejumlah film pengisi Special Screening Section yang menjadi highlight festivalnya sebagai perayaan film berkelas internasional dengan film-film World/Asian/Japan Premiere. Salah satu unggulan yang akan ditayangkan dalam Special Opening Presentation adalah film joint venture Jepang-China terbesar, Legend of the Demon Cat yang disutradarai Chen Kaige dan dibintangi Shota Sometani (Jepang) dan Huang Xuan (China). Film bergenre misteri fantasi ini merupakan adaptasi dari novel Jepang berjudul Samana Kukai karya Baku Yumemakura.

Sejumlah film Jepang lainnya dalam segmen Special Screening adalah instalmen layar lebar terbaru franchise Garo, Garo – Kami no Kiba karya sutradara Keita Amemiya, drama alam yang ber-setting di Hokkaido soal kontes fotografi, Shashin Koshien Summer in 0,5 Seconds karya sutradara Hiroshi Sugawara, The Stand in Thief, thriller karya sutradara Masafumi Nishida, Midnight Bus, drama keluarga karya Masao Takeshita serta drama arthouse Miko Girl dari sutradara asal Korea Gu Suyeon.

@tiff-jp.net

Masih ada tiga film joint venture Jepang selain Legend of Demon Cat; Mr. Long karya sutradara Sabu yang merupakan kerjasama Jepang dengan Hong Kong, Taiwan dan Jerman dibintangi aktor HK Chang Chen, dan dokumenter maestro musik terkenal Jepang yang juga pernah meraih Oscar, Ryuichi Sakamoto: Coda. Film dokumenter yang meliput perjalanan karir Sakamoto sebagai ikon musik sekaligus kiprahnya sebagai aktivis lingkungan ini disutradarai Stephen Nomura Schibe dan merupakan produksi kerjasama Jepang dan AS. Yang ketiga merupakan film animasi joint venture Jepang dengan Perancis, Mutafukaz yang disutradarai oleh Guillaume Renard dan Shojiro Nishimi.

Film lainnya adalah drama surealis Endless Poetry dari sutradara Alejandro Jodorowsky serta animasi kontemporer nominee Oscar 2017 Kubo and the Two Strings dari sutradara Travis Knight. Namun tiga film berikutnya agaknya merupakan film-film yang cukup banyak ditunggu moviegoers dunia tahun ini. Ada blockbuster perampokan ala Ocean’s Eleven dari Steven Soderbergh; Logan Lucky, yang dibintangi ansambel raksasa di antaranya Channing Tatum, Adam Driver dan Daniel Craig, pemenang Golden Lion Venice International Film Festival tahun ini, romansa fantasi The Shape of Water dari Guillermo del Toro, serta film yang baru saja mendapat banyak sorotan di Toronto International Film Festival yang berinisial sama dengan TIFF; Three Billboards Outside Ebbing, Missouri dari sutradara Martin McDonagh. Dibintangi oleh Frances McDormand, Woody Harrelson serta Sam Rockwell, drama kriminal independen ala Fargo ini sekaligus meraih skenario terbaik di Venice.

Tokyo International Film Festival ke-30 akan berlangsung dari 25 Oktober hingga 3 November di venue utama Roppongi Hills dan sejumlah lokasi lain di seputaran Tokyo.