Home » Dan at The Movies » 18 GOOD HORRORS YOU MIGHT NEVER KNOW EXISTED

18 GOOD HORRORS YOU MIGHT NEVER KNOW EXISTED

Sebagai salah satu genre yang tak pernah mati, horor, memang punya penggemar fanatiknya sendiri. Namun mungkin dari sebegitu banyak produknya, tak benar-benar banyak yang bisa bertahan dalam ingatan sebagian orang. Apalagi, dengan perkembangan platform digital/OTT yang menggerus produk-produk fisik untuk bisa terus dicetak ulang, kebanyakan penonton cenderung memilih tontonan-tontonan baru yang serba update dengan hype yang gampang sekali dipicu buat genre-nya.

Untuk menyambut Halloween di tengah pandemi, berikut adalah sejumlah film-film horor bagus yang sebenarnya layak menyandang status lebih, baik dari rating kritikus dan BO, namun luput dari ingatan banyak orang dan rata-rata menjadi film cult hanya bagi fans genre-nya – entah karena gap generasi, keterbatasan akses, popularitas yang terbatas hanya di negara tertentu, standar produksi di masanya serta banyak lagi alasan lainnya. Saya juga mengajak beberapa follower film twitter lewat tweet response untuk memberikan rekomendasi mereka dan memilih beberapa di antaranya. Ini hanya sekadar rekomendasi tontonan sesuai genre-nya yang tak salah kalau mau dicari. Happy Halloween, and enjoy!

1. SHOCKER (1989)

Image: impawards.com

Tak banyak mungkin yang ingat karya Wes Craven satu ini. Sempat dirilis di bioskop-bioskop Indonesia di awal tahun 1990, hasilnya pun tak menggembirakan. A moving love tale disguise as a horror, Shocker adalah salah satu karya Craven yang paling playful, menggabungkan banyak genre, jadi filmografi awal Peter Berg sebelum beralih karir menjadi sutradara, dan punya deretan OST keren yang diisi oleh Megadeth, Iggy Pop, Dudes of Wrath dan banyak lagi. Di antaranya, ada love theme cakep ‘Timeless Love’ yang ditulis oleh Desmond Child, dinyanyikan band rock 80-90an Saraya dengan alunan solo gitar Steve Lukather dari Toto.

2. THE GUARDIAN (1990)

Image: impawards.com

Berpindah dari tangan Sam Raimi ke sutradara yang tak kalah keren di genre-nya, William Friedkin, horor yang jelas-jelas dipromosikan dengan menyebut ‘The Exorcist’ di poster official-nya ini sayangnya tak berhasil dan dibantai banyak kritikus termasuk Roger Ebert di deretan most hated films list-nya. Nevertheless, premis menarik yang diusung The Guardian tetap belakangan berhasil menjadikannya berstatus cult untuk audiens yang menyukainya. Dibintangi Jenny Seagrove dan Carey Lowell setelah ia menjadi Bond girl di Licence to Kill.

3. VISITING HOURS (1982)

Inage: impawards.com

Rumah sakit selalu menjadi latar yang menarik untuk sebuah film horor. Dibintangi nama-nama cukup terkenal di zamannya dari Michael Ironside, Linda Purl, Lee Grant hingga William Shatner, horor slasher produksi Kanda ini uga tak mendapat resepsi bagus dari kritikus walau tak benar-benar flop di perolehan box office. But do try, Visiting Hours adalah salah satu horor berlatar rumah sakit terbaik yang pernah dibuat tanpa harus punya background supranatural.  Juga beredar di bioskop-bioskop kita di sekitar tahun 1983.

4. SCREAM FOR HELP (1984)

Image: themoviedb.org

Salah satu kasus unik di mana theme song-nya jauh lebih dikenal dari filmnya sendiri, love song klasik ‘80an, Christie oleh Jon Anderson (Yes) dan John Paul Jones (former member Led Zeppelin – juga membesut score di album OST-nya) – terutama di Indonesia, Scream For Help adalah sebuah thriller dengan pendekatan horor berintensitas tinggi. Karya sutradara Michael Winner (Death Wish) ini mungkin tak menarik perhatian banyak orang karena cast-nya tak ada yang punya nama besar, namun pendekatan Winner yang sangat bernuansa vintage ‘70an membuat gelaran terornya tersaji dengan mengerikan. Scream for Help tak pernah dirilis di format DVD, menjadikannya berstatus rare hingga akhirnya diproduksi dalam format Bluray secara terbatas oleh Shout Factory di tahun 2018.

5. INNOCENT BLOOD (1992)

Image: impawards.com

Vampire Prancis cantik (diperankan Anne Parillaud dari La Femme Nikita) melawan gembong gangster vampire Italia (diperankan Robert Loggia) dan gerombolannya, Innocent Blood menggabungkan banyak genre dan subgenre ke dalam racikannya yang sangat tak biasa, dari horor, romance, gangster action, fantasy dengan sedikit glimpse ke superhero, buddy cop bahkan black comedy yang sayangnya flop di BO namun mendapat resepsi bagus dari sebagian kritikus. Disutradarai John Landis dan punya deretan cameo sineas terkenal dari Frank Oz dan horror-auteur seperti Dario Argento ke Sam Raimi, this one is absolutely a gem.  Chazz Palminteri, Angela Bassett, Don Rickles & Anthony LaPaglia also starred. Juga tayang di bioskop-bioskop kita tahun 1993, menyusul kesuksesan La Femme Nikita.

6. PRISON (1987)

Image: themoviedb.org

Selain rumah sakit, penjara dan kursi listrik seperti Shocker juga hampir selalu jadi latar menarik untuk film horor. Prison yang diproduseri Charles Band dan disutradarai Renny Harlin sebelum Die Hard 2 ataupun The Long Kiss Goodnight ini diperanutamai oleh Viggo Mortensen jauh sebelum ia menjadi aktor terkenal di Hollywood. Juga flop di BO termasuk saat tayang di bioskop-bioskop kita, Prison jelas tak banyak diingat orang, hingga status cult-nya lagi-lagi dibesut Shout Factory ke format Blu-ray di subdivisi Scream Factory mereka belum lama ini.

7. KEMASUKAN SETAN (1974)

Image: imdb.com

Disutradarai Deddy Armand, benar bahwa Kemasukan Setan produksi tahun 1974 yang menyemat nama Wim Umboh sebagai produser, ide cerita dan editor (?!) ini memang merupakan rip-off tak resmi dari The Exorcist. Namun selain tak kalah menyeramkan lewat peran utama aktris cilik Dewi Rosaria Indah yang dipermak bak Linda Blair di The Exorcist, empat aktor legendaris Indonesia – Dicky Zulkarnain, Rachmat Hidayat, Maruli Sitompul dan Sukarno M. Noor ikut berperan di dalamnya.   Kalau saja tak memandang cacat soal copyright yang jelas-jelas menyadur The Exorcist, ini sebenarnya sangat layak direstorasi.

8. MAYA (1989)

Image: themoviedb.org

Horor produksi Italia karya Marcello Avalone yang sempat beredar di bioskop-bioskop kita di tahun 1990 ini dibintangi aktor – musisi Australia Peter Phelps. Sebuah horor supranatural berlatar mitos kuno suku sesuai judulnya, Maya adalah sebuah horor atmosferik yang cukup disturbing terutama di adegan-adegan ritualnya. Jangankan rare, laman wikipedia-nya saja tak ada sampai sekarang.

9. JENNIFER (1978)

Image: reelgood.com

Boleh jadi terinspirasi dari Carrie, film yang di bioskop-bioskop kita dirilis dengan judul Jennifer Power di awal 80an ini tetap terasa unik karena memindahkan teror psikokinetik Carrie ke sosok Jennifer (diperankan Lisa Pelikan – tak kalah menyeramkan dari Sissy Spacek) yang membalas dendam ke para bully di sekolahnya dengan mengontrol ular. Ya, ular. Bayangkan. Ular!

10. SPIRITUAL LOVE (1987)

Image: imdb.com

Walau dibintangi Chow Yun-fat dan Cherie Chung, film produksi Golden Harvest 1987 ini cenderung terlupakan dan baru dirilis dalam bentuk home video di awal tahun 2000, itupun cukup sulit didapat hingga baru-baru ini diproduksi dalam format Blu-ray. Walau punya sedikit elemen komedi dan romance, Pauline Wong Siu Fung/ dulu di bioskop-bioskop kita disebut Wang Siao Feng – pemeran hantunya yang memang sering sekali jadi hantu sepanjang karirnya ini memang selalu menyeramkan. Kalau di industri film kita, dia tak ubahnya seperti Farida Pasha. Lulz.

11. THE UNHOLY (1988)

Image: impawards.com

Sebuah exorcism horror yang bagus dan salah satu penampilan Ben Cross terbaik sebagai Father Michael. Juga terlupakan dan sempat sulit dicari hingga baru dirilis dalam format DVD di tahun 2007. Ned Beatty, Hal Holbrook & Trevor Howard also starred.

12. FINAL GIRLS (2015) – rekomendasi dari akun twitter @ggnsondakh

Image: impawards.com

Sebuah meta komedi yang menyentil genre slasher dan elemen-elemen klasiknya, bagusnya, Final Girls yang dibintangi Taissa Farmiga, Malin Akerman, Alia Shawkat dan Nina Dobrev ini tak lantas terpeleset menjadi sebuah parodi. Sayang sekali walau banyak mendapat pujian, filmnya tak lagi banyak diingat sampai sekarang.

13. THINNER (1996) – rekomendasi dari akun twitter @gearexy

Image: impawards.com

Tak sepenuhnya tidak dikenal, namun mungkin cukup terbatas hanya di kalangan fans film-film Stephen King, Thinner punya plot yang unik untuk mengeksplorasi body horror yang menyeramkan. Disutradari Tom Holland (bukan aktor, tapi juga penulis Scream For Help dan banyak film-film horor terkenal lainnya) dan dibintangi Robert Burke (pemeran RoboCop di RoboCop 3).

14. THE PEOPLE UNDER THE STAIRS (1991) – rekomendasi dari akun twitter @upik1610

Image: impawards.com

Juga horor karya Wes Craven yang jarang diingat, The People Under the Stairs punya elemen komedi satir di balik subteks sosial kuat dan bisa jadi, adalah cikal-bakal tema yang belakangan muncul dalam Don’t Breathe. However, dalam waktu dekat, akan banyak yang mengaksesnya dengan rencana remake oleh Jordan Peele yang baru saja diumumkan menjelang Halloween.

15. THE NIGHTCOMERS (1971) – rekomendasi dari akun twitter @FidelAdiyanta

Image: impawards.com

Walau dibintangi Marlon Brando dan memberinya nominasi aktor terbaik BAFTA di tahunnya, The Nightcomers bukanlah termasuk baik karya Michael Winner ataupun film Brando yang diingat banyak orang. The Nightcomers merupakan prekuel dari novel klasik The Turn of the Screw karya Henry James (1898).

16. THE SERPENT AND THE RAINBOW (1988) – rekomendasi dari akun twitter @DenoResandono

Image: impawards.com

Lagi-lagi dari Wes Craven, film horor dengan premis unik ini dibintangi oleh Bill Pullman. Mendapat resepsi bagus dan bukan film flop berdasar angka BO, namun memang lebih berstatus cult.  

17. THE MANGLER (1995) – rekomendasi dari akun twitter @Soeby79

Image: impawards.com

Walaupun disutradarai Tobe Hooper berdasarkan cerita pendek Stephen King, juga dibintangi Robert Englund, The Mangler yang sempat menelurkan dua sekuel ini memang bukan jadi filmografi yang banyak diingat dari ketiga nama yang melekat ke genre horor itu.

18. POSSESSED (2000) – rekomendasi dari akun twitter @Donsrawk

Image: imdb.com

Disutradarai Steven E. de Souza yang melekat lewat skrip film-film blockbuster action 80-90an seperti Commando, Die Hard, walau dibuat untuk TV, Possessed adalah sebuah exorcism horror yang bagus, juga dari ensemble cast-nya yang kuat; Timothy Dalton, Henry Czerny dan Christopher Plummer. (dan)